Syarat Menikah dengan WNA di KUA



Bagi kalian yang punya pacar ber-warganegara asing alias Bule dan akan berencana menikah di Indonesia, berikut adalah beberapa prosedur yang harus kamu siapkan berdasarkan dari pengalamanku, simak ya. 

Syarat Menikah dengan WNA di Indonesia
Aku dan suami telah menikah resmi di Jakarta yang kemudian akan kami daftarkan juga secara resmi di negara asal suamiku yaitu Australia. Karena kami muslim maka kami mendaftarkan pernikahan kami di KUA. Dokumen yang harus disiapkan adalah sebagai berikut,

Dokumen WNI :

  •        Copy KTP;
  •        Copy AKTA Kelahiran;
  •     Copy Kartu Keluarga;
  •        Surat Keterangan Belum Menikah diatas materai 6000;
  •        Form N1, N2, N3, N4 (dari Kelurahan daerah asal CPP/CPW);
  •        Pass Photo 4x6 dan 3x4 background biru (4 lembar);
  •        Copy KTP Orang Tua;
  •        Copy KTP Saksi CPW & CPP (Laki-Laki, Baligh & Muslim).

Dokumen WNA :
  •       Copy Passport;
  •       Copy Visa/Ijin Tinggal;
  •       Copy Akta Kelahiran;
  •       Copy Surat Keterangan boleh menikah dari Kedutaan (NCI);
  •     Copy Sertifikat Mualaf;
  •        Pass Photo 4x6 dan 3x4 background biru (4 lembar);
  •        Copy Passport Orang Tua;
  •        Copy Perjanjian Pranikah (Kalau Ada).
Semua Dokumen berbahasa Inggris harus terlebih dahulu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia di penterjemah tersumpah. Ini dibutuhkan untuk menghindari kesalahan pencatatan nama, gelar ataupun informasi lain pada buku nikah dan dokumen lainnya. Hindari juga untuk memberikan berbagai dokumen yang asli kepada pihak KUA, karena sangat berisiko terhadap keamanan dokumen tersebut.

Surat Numpang Nikah
Pesta pernikahan kami diselenggarakan di Puri Caping Gunung Taman Mini Indonesia Indah ini artinya kami menikah di luar domisili KTPku sehingga kami harus membuat surat Rekomendasi Numpang Nikah dari KUA asal tinggalku yaitu KUA Jakarta Timur yang ditujukan pada KUA wilayah TMII yaitu KUA Cipayung. Jadi bagi kalian yang akan menikah di wilayah luar dari domisili KTP kamu diwajibkan untuk membuat Surat Numpang Nikah ini. Prosedurnya mudah, hanya dengan menyerahkan semua persyaratan dokumen yang aku sebutkan diatas dan menyiapkan biaya administrasi sebesar IDR 50.000.

Pendaftaran Nikah ke KUA
Setelah semua persyaratan dokumen lengkap, sebaiknya melakukan pendaftaran ke KUA minimal satu bulan sebelum hari pernikahan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika ada dokumen yang salah dan terjadi kepadatan musim nikah.

Biaya Pernikahan yang tercantum pada situs resmi Kementerian Agama adalah IDR 600.000 jika kamu melangsungkan akad nikah diluar jadwal kantor KUA yaitu sabtu/minggu/hari libur nasional. Sedangkan untuk biaya akad nikah yang dilangsungkan di KUA pada hari kerja senin-jumat biayanya gratis. Pembayaran ditransfer ke rekening pemerintah yang direkomendasikan oleh KUA. Setelah itu slip pembayaran diserahkan kembali kepada KUA. Jangan lupa untuk meminta nama dan nomor telepon penghulu yang bertugas, agar bisa berkomunikasi secara teknis menjelang hari pernikahan.

Satu minggu setelah kami mendaftarkan pernikahan, KUA Cipayung menghubungi kami untuk datang mengikuti pengarahan bagi calon pengantin. Kamipun datang satu minggu sebelum hari pernikahan dikarenakan suamiku baru tiba di Indonesia satu minggu sebelum hari pernikahan kami. Selain diberikan pengarahan, suamiku diajarkan bagaimana mengucapkan Ijab Kabul dan karena dokumen suamiku tidak sempat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka kami diminta untuk membantu proses pencatatan nama dan informasi lainnya pada buku nikah dan dokumen-dokumen lain agar tidak terjadi kesalahan pencatatan.

Tata Cara Menjadi Mualaf di Bali
Suamiku sudah menjadi mualaf sejak tahun 2016 saat masih tinggal di Bali. Dari rekomendasi seorang teman yang tinggal di Bali, akhirnya suamiku memutuskan untuk menjadi mualaf di salah satu mesjid yang berada di Kerobokan, Bali. Berikut adalah beberapa persyaratan untuk menjadi mualaf berdasarkan pengalaman saat menemani suami menjadi mualaf di Mesjid “Mukti Santosa” Kerobokan, Bali :
  • Membuat surat penyataan masuk islam bermaterai 6000;
  • Pass Photo 4x6cm dan 3x4cm masing-masing sebanyak 2 lembar;
  • Copy passport 1 lembar;
  • Mendapat Sertifikat memeluk agama Islam di hari yang sama saat ikrar syahadat;
  • Biaya Administrasi seikhlasnya.

Sebelum mengucapkan ikrar dua kalimat syahadat, imam mesjid yang dibantu oleh salah seorang pengurus mesjid yang bisa berbahasa inggris memberikan tuntunan dan pelatihan kepada suamiku. Dengan dihadiri 7 orang saksi termasuk aku dan teman suamiku, alhamdulilah Ikrar berjalan lancar dan suamiku resmi menjadi seorang mualaf serta mendapatkan sertifikat memeluk agama Islam dengan nama Islam “Adam Malik”. 

Perjanjian Pranikah (Prenuptial Agreement)
Perjanjian Pranikah disepakati sebelum dilangsungkanya pernikahan. Perjanjian ini tidak hanya mengatur kewajiban dan hak atas anak ataupun harta masing-masing pasangan, tetapi perjanjian ini juga menjaga hakku sebagai WNI untuk bisa mempunyai properti tanpa dibatasi oleh negara. Negara akan membatasi pasangan beda negara yang tidak mempunyai perjanjian pranikah untuk mempunyai properti, peraturan ini dibuat pemerintah agar tanah-tanah di Indonesia tidak dikuasi warga asing, karena banyak WNA yang menikahi WNI hanya agar bisa mempunyai properti di Indonesia. Tanpa adanya Prenup WNI juga tidak bisa mengajukan pinjaman atau kredit melalui Bank, karena biasanya Bank akan meminta akta prenup jika status WNI tersebut menikah dengan WNA. Aku dan suami sepakat untuk membuat perjanjian pranikah di salah satu Notaris di Bali yaitu dengan Notaris Uswaty Yusida, SH. Biaya pembuatan sebesar IDR 2.500.000 dan sudah termasuk dengan biaya pendaftaran untuk tercatat di pengadilan setempat. Isi Pasal-pasal yang terdapat di dalam pernup tentu saja berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Ijin dari Kedutaan (CNI : Certificate of No Impediment to Marriage)
Salah satu syarat wajib yang harus dilengkapi oleh WNA untuk menikah resmi di KUA adalah surat keterangan dari kedutaan masing-masing negara yang menyatakan bahwa si WNA bisa menikah, berstatus single atau pernah menikah dan tidak sedang terikat dalam pernikahan, yang biasanya disebut dengan CNI (Certificate of No Impediment to Marriage). Suamiku membuat CNI di kedutaan Australia yang berada di Renon, Bali, dengan melakukan perjanjian melalui telepon terlebih dahulu. Syarat pembuatan adalah membawa passport, mengisi form yang diberikan oleh petugas kedutaan  dan membayar biaya sebesar IDR 900.000. Sertifikat ini akan jadi dalam waktu satu minggu, selain dapat diambil langsung di kedutaan, sertifikat ini juga bisa dikirim melalui pos. Karena kami hanya 4 hari di Bali maka kami memilih untuk dikirimkan melalui pos ke Jakarta.
 
VISA atau Ijin tinggal WNA di Indonesia
Syarat selanjutnya yang wajib dilengkapi oleh si WNA adalah Visa. Bagi WNA yang memang sudah menetap di Indonesia, mereka bisa melampirkan surat ijin tinggal seperti KITAP atau KITAS, sedangkan bagi WNA yang tidak tinggal di Indonesia seperti suamiku, maka harus melampirkan copy visa saat kunjungan terakhir di Indonesia dan mengirimkan copy VISA terbaru saat sudah tiba di Jakarta.

Semoga tulisan ini bisa membantu kalian yang akan menikah di KUA dengan WNA khususnya Australia. 

Selamat menempuh hidup baru! 

Comments

  1. terima kasih untuk informasinya salam hangat dari hebros

    ReplyDelete
  2. Mau tanya kalau kita sudah menikah di Indonesia dan rencana tinggal di australia visa apa yang kita harus apply ? Dan kapan kita bisa mulai apply setelah pernikahan atau sebelumnya ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Tika, kamu bisa apply visa Permanent Resident, tapi ga gampang untuk dapat visa ini banyak persyaratan yang harus kamu penuhi dan jangka waktu untuk dapat approval visa ini juga agak lumayan lama 1-2 tahun tapi sangat worth it karena kamu dapat masa berlaku 5 tahun tinggal dan banyak benefit. Apply visanya bisa setelah menikah ataupun sebelum menikah karena visa ini ga harus yang sudah menikah. Semoga membantu ya! :)

      Delete
  3. Sekarang mau melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet, dapatkan juga paket liburan ke EROPA selama 5 hrai 4 malam gratis tanpa di undi. Yuuk gabung bersama kami Venue & wedding organizer by HIS K link Tower Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 59A Lt.12 Jakarta Selatan, kamu udah bisa dapatkan:
    - Fasilitas Gedung (Full AC & Full karpet),
    - Dekorasi,
    - Catering,
    - Rias & Busana,
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard
    FREE HONEYMOON 4D3N di EROPA+FLIGHT / IPHONE X / FINE GOLD (tanpa diundi) & masih banyak lagii Segera hubungi marketing HIS Venue & Wedding Organizer by HIS K LINK TOWER : 0895 4103 28343 (ozi)

    ReplyDelete
  4. Sekarang mau melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet, dapatkan juga paket liburan ke EROPA selama 5 hrai 4 malam gratis tanpa di undi. Yuuk gabung bersama kami Venue & wedding organizer by HIS K link Tower Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 59A Lt.12 Jakarta Selatan, kamu udah bisa dapatkan:
    - Fasilitas Gedung (Full AC & Full karpet),
    - Dekorasi,
    - Catering,
    - Rias & Busana,
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard
    FREE HONEYMOON 4D3N di EROPA+FLIGHT / IPHONE X / FINE GOLD (tanpa diundi) & masih banyak lagii Segera hubungi marketing HIS Venue & Wedding Organizer by HIS K LINK TOWER : 0895 4103 28343 (ozi)

    ReplyDelete
  5. Hai brides & grooms to be...
    Untuk kalian yang lagi cari venue wedding dan paket pernikahan yang sudah all in. Jangan bingung yaa, HIS Social Security Tower adalah pilihan tepat untuk kalian. Gedungnya masih fresh building, grade A premium, lokasi strategis yang terletak di JL. HR RASUNA SAID NO. 112 B , KUNINGAN - JAKARTA SELATAN. Kalian tinggal sediakan souvenir & undangan saja.

    Kapan lagi nikah di gedung yang baru, nikah + FREE HONEYMOON KOREA 4D3N dan HARGA masih PROMO PRE LAUNCHING. Yuk booking segera tanggal weddingmu !! Kuota terbatas :)
    More info : NATASHA / 0838 4685 0973. Thankyou

    ReplyDelete
  6. Selamat Siang akang teteh Calon Pengantin! Masih cari gedung pernikahan? Repot ngurus vendor-vendornya? Pusing harus apa dulu nih yang di kejar? Yuk dateng ke HIS Balai Sartika. Mulai dari Gedung, WO, Vendor bahkan Honeymoon bisa kita bantuin nih! Yuk tunggu apa lagi, Free Consult soal pernikahan kalian! Bisa langsung consult, survey gedung, dan book pernikahan kalian serta dapatkan PROMO SPECIAL!!! BOOK YOUR DATE ONLY IDR 5.000.000 !!! Terimakasih .. Dini 0878-0456-3524 Wedding Consultant Warm Regards, HIS Balai sartika Ballroom

    ReplyDelete
  7. Bagi kamu yang kesulitan mencari gedung yang sudah paket dengan printilannya, ada opsi nih di gedung HIS BALAI SARTIKA Bandung. Sewa gedung pernikahan di HIS BALAI SARTIKA Bandung sudah include catering buffet,stall dan dessert, dekorasi, rias busana, photography, videography, MC & entertainment, dan 8 orang crew WO yang akan membantu melancarkan acara pernikahan kamu. Selain itu, kamu juga bisa dapat bonus honeymoon,logam mulia dan masih banyak lagi kamu bisa pilih sendiri bonusnya. Cara tanya gedungnya available atau nggak bisa hubungi Dini 087804563524 atau email dhiny.hiscorp@gmail.com. Make Your Wedding Unforgettable!

    ReplyDelete
  8. Buat kamu yang sibuk kerja gak punya waktu luang buat hunting gedung/vendor? gak sah khawatir HIS Grand Slipi kini hadir dengan akses yang sangat mudah dan strategis di jl. S Parman, fasilitas ballroom bintang lima : single ballroom, interior mewah dengan lampu Kristal yang menawan, sudah bekerja sama dengan vendor-vendor hits Jakarta. Paket pernikahan sudah all in Package include:
    - Fasilitas Gedung (Full AC & Full karpet),
    - Dekorasi,
    - Catering,
    - Rias & Busana,
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard
    Temukan wedding consultan pribadimu yang professional dan berkomitmen tinggi dapatkan juga FREE HONEYMOON MALDIVES 5D4N, LOGAM MULIA, PHOTOBOOTH UNLIMITED tanpa diundi. Segera hubungi marketing HIS Grand Slipi Convention Hall_OZI : 0895 4103 28343.

    ReplyDelete
  9. Saya Ny. Nisrina Endang dari Makassar, Indonesia, saya menggunakan media untuk memberi tahu saudara laki-laki dan perempuan saya bagaimana saya baru-baru ini mendapat pinjaman sebesar 250 juta dari seorang ibu yang baik ketika anak saya sakit dan membutuhkan transplantasi ginjal yang tidak saya miliki semua uang orang menolak saya, bank saya menolak saya sampai saya bertemu dengan seorang saksi yang memperkenalkan saya kepada sebuah perusahaan pinjaman yang bagus bernama Ibu RIKA ANDERSON loan company, mereka memberi saya pinjaman untuk membayar tagihan medis anak saya dan mendirikan sebuah bisnis tanpa jaminan dengan 2 % bunga, Mrs. Rika adalah penyelamat hidup, semoga Tuhan terus memberkatinya karena perbuatan baiknya, jika Anda membutuhkan pinjaman atau bantuan keuangan untuk melunasi utang Anda atau berinvestasi dalam bisnis Anda, saya akan mendorong Anda untuk menghubungi perusahaan melalui email (rikaandersonloancompany@gmail.com) w/s +19147057484 dalam kasus untuk dan setiap pertanyaan atau saran saya dapat dihubungi melalui email di endangnisrina@gmail.com semoga damai dan berkah menjadi perhatian bagi kita semua.

    ReplyDelete
  10. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    ReplyDelete
  11. Hallo Brides & Grooms to be.. Buat kalian yang sedang mencari gedung pernikahan full carpet dan nyaman, HIS Balai Sartika Convention Hall Bandung bisa jadi pilihanmu. Selain gedung pernikahan kalian juga tidak perlu repot lagi mencari wedding planner dan wedding organizer, catering, dekorasi, MC, fotografi, prosesi adat, rias busana, wedding car, musik entertainment. Tinggal pilih vendor pilihan kalian saja. Jangan lewatkan bonus menarik seperti Honeymoon 3 hari 2 malam di Bali Prime resort dan cashback 5 juta rupiah, tanpa diundi! Info lebih lanjut bisa hubungi Yesi (WA 085723503203).

    ReplyDelete
  12. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE MALDIVES, CINCIN EMAS PUTIH)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts