Arti Bahagia

Lagi kepikiran apa arti Bahagia itu…

Kebanyakan orang kalau ditanya apa Tujuan Hidupnya? pasti mereka menjawab untuk Bahagia, tapi sewaktu ditanya apa arti Bahagia itu sendiri? Mendadak mereka diam memikirkan jawabannya.  Jangan-jangan mereka menjawab Bahagia karena mereka ingat dengan Quote yang bunyinya “Purpose to life is Happiness”.

Masih penasaran, aku coba tanya beberapa temen dikantor, apa arti bahagia itu buat mereka, Teman 1 menjawab “Bahagia itu kalau dirinya bisa merasakan kenyamanan, kedamaian, dan tidak sama sekali merasa khawatir”. Ada juga Teman 2 menjawab “Bahagia itu kalau dirinya berhasil mencapai apapun yang dia inginkan”. Wow…!!! Kalau aku telaah Jawabannya berat juga ya, coba deh kalau seandainya Teman 1 merasakan tidak nyaman, tidak damai dan selalu khawatir lalu Teman 2 tidak bisa mencapai apapun keinginannya, berarti mereka tidak bahagia? susah juga ya untuk mencapai bahagia itu???

Uniknya, ada temenku Bule yang jawab enteng ketika ku tanya apa arti bahagia buat dia, dia langsung menjawab spontan tanpa berpikir, bahagia itu “laughing, sharing and enjoying life!”… sempet speechless sebentar ternyata arti bahagia buat dia itu mudah banget. Pertanyaan kedua langsung kutanyakan yaitu apa Tujuan Hidupnya? Hmmmm… dan ternyata jawabannya lebih mudah dari yang pertama, dia bilang “make people laughing”. Easy and Simple for purpose to life, coba kalo semua orang punya tujuan hidup seperti dia, pasti dunia ini isinya orang tertawa terus…


Jadi menurutku arti bahagia itu tergantung bagaimana cara pandang tentang hidup ini dan rasa bahagia akan muncul dengan sendirinya pada saat proses perjalanan pencapaian tujuan hidup itu berlangsung. Jika kamu masih bingung dengan tujuan hidup ini, cobalah memulai untuk memikirkan apa target/impianmu di 5-10-15 tahun mendatang dan seterusnya, dengan demikian hidup akan terus terarah dan mempunyai sesuatu hal yang berarti untuk dijalani dan dicapai. Have nice day!

Comments

Popular Posts