Be Gentle

Sering banget liat bahkan mengalami sendiri, ketika sedang mengantri bus khususnya transjakarta lihat laki-laki serobot sana-sini berebut masuk kedalam bus dan mencari kursi ga peduli kiri kanan depan belakang apakah perempuan, anak-anak, ataupun lansia yang penting mereka bisa masuk dan duduk. Mereka juga ga malu untuk mengantri di depan pintu yang dikhususkan untuk wanita/lansia. Ga habis pikirnya lagi kalau ada seorang wanita baik itu ibu hamil atau lansia berdiri di depan mereka (laki-laki) yang duduk di dalam bus mereka langsung pura-pura ga lihat, pura-pura ga tau, dan pura-pura tidur, sampai petugas bus yang meminta mereka memberikan tempat duduknya untuk ibu hamil/lansia tersebut,  OMG! Come on please be a gentlemen! Kemana hati kalian? Kemana kesadaran kalian sebagai laki-laki yang katanya lebih kuat dan lebih tangguh dari wanita? Apa jangan-jangan menurut kalian ini adalah bentuk dari kesetaraan gender?

Ga hanya soal antri mengantri, kadang  juga sering banget lihat kalau saat naik-turun lift, mereka cuek untuk keluar/masuk lebih dahulu dari pada wanita hamil/lansia yang perlu dibantu untuk masuk/keluar pintu lift… oh come on! Where’s the gentlemen gone?

Banyak contoh lainnya yang aku anggap sebagian laki-laki dijaman sekarang ini sudah terkikis rasa gentlenya, kira-kira apa ya yang membuat hal ini bisa terjadi? Karena seakan-akan hal ini sudah menjadi biasa, atau malah sudah menjadi budaya? Oh noooooo…

Sempet sharing sama temen-temen, katanya budaya no gentlemen ini dikarenakan Negara kita adalah negara yang mayoritasnya Muslim, yang memegang teguh ajaran bahwa kaum laki-laki adalah pemimpin kaum wanita.  Hmmmm…  Aku sih kurang setuju, karena menurutku ini bukan karena negara yang mayoritasnya muslim atau bukan tapi berkurangnya rasa gentle itu dikarenakan suatu kebiasaan yang sudah menjadi habit, pertama kali mereka mencoba melakukan sesuatu hal yang no gentle dan ternyata tidak terjadi tanggapan/respon apapun dari orang-orang yang ada disekitarnya sehingga merekapun akan mencoba melakukannya lagi dan lagi tanpa rasa malu… yang akhirnya lama kelamaan menjadi budaya… Ga kebayang deh kalau semua laki-laki nanti tidak peduli lagi terhadap wanita...

Jadi… yuk, yang merasakan sama denganku memulai untuk saling mengingatkan laki-laki disekitar kita untuk selalu be a gentlemen… ;)

Cheers'

Comments

Popular Posts